Ruang Makan

Halaman ini kami tulis sebagai bentuk terima kasih kami bagi mereka yang telah bersedia berbagi resep masakannya. Melalui resep-resep mereka, kerinduan kami akan lezatnya makanan negeri sendiri telah banyak terobati, bahkan kami bisa sedikit berbagi kelezatan dan mempererat tali silaturahmu teman-teman. Sekali lagi terima kasih banyak untuk seluruh penulis resep masakan berikut:

Resep Candil.

Kolak yang satu ini memang kesukaan suamiku dan untuk suasana sore yang dingin memang cocok. Jadi nambah koleksi makanan buat santai dan bisa dimodifikasi dengan banyak bahan lain. Terima kasih atas resepnya, suami sangat suka. Suami senang, istri pun tenang ).

Resep Martabak Bangka (martabak manis tebal).

Alhamdulillah sudah dicoba, sayangnya kami belum bisa bikin yang tebal karena peralatan yang ada terbatas. Tapi walau tipis, kami berhasil merasakan kembali nikmatnya martabak bangka. Terima kasih banyak buat resepnya!!

Resep Mie Tek-Tek.

Alhamdulillah sudah kami coba dan cukup berhasil. Kami masak 2-3 kali dan bahkan ketika kami masak yang kedua kali, banyak teman-teman dari negara lain yang juga ikut mencicipi dan terkesan dengan rasa mie tek-tek ini. Terima kasih atas resepnya.

Resep Dadar Gulung. Waktu itu Kanty yang buat adonan – Saya cuma bertugas menggoreng. Alhamdullilah berhasil dengan catatan bukan Saya yang harus menggulung-gulung – soalnya kalau Saya yang menggulung, langsung menggelundung ke perut ) Oh ya waktu itu kami tidak pake fla tapi pake parutan kelapa dan gula merah yang dimasak. Terima kasih untuk resepnya.

Resep Baso.

Lagi pengen mie baso, mie-nya sudah ada tinggal baso-nya, kebetulan bahan-bahannya ada, kecuali bumbu pengeras baso tapi dicoba aja. Alhamdulillah, basonya tetep jadi, terima kasih resepnya.

Resep Donat Kentang.

Waktu itu kita punya kentang berlebih, bingung mo dibikin apa, liat di internet ternyata ada resep donat kentang, dan langsung dicoba. Alhamdulillah berhasil dan ternyata enak. Bahkan bisa ajak anak temen untuk bantuin goreng donatnya ) Terima kasih.

Resep Cireng.

Kangen sama cireng cipaganti, akhirnya coba cari resep di internet. Alhamdulillah sudah dicoba, tapi waktu itu gak punya bumbu pecel, jadi bikin sendiri dari bumbu kacang. Terima kasih, resepnya bermanfaat, lezat, dan sangat mengenyangkan -terutama kalo makan 8 buah sendiri🙂

Resep Mie Ayam Jamur.

Waktu itu kami mengadakan acara buka puasa bersama, ingin menu yang agak berbeda dari biasanya, kami coba menu ini versi III dan kami tambah dengan jamur. Alhamdulillah berhasil, teman-teman pun tidak cukup makan satu mangkok. Terima kasih banyak.

Resep Bubur Sumsum.

Hari Sabtu biasanya sarapan pagi dengan menu tradisional, setelah dipikir-pikir sepertinya bubur sumsum cocok untuk sarapan. Manis-gurih memang benar-benar cocok untuk suasana weekend. Setelah mencoba memang enak dan nikmat . Alhamdulillah. Terima kasih resepnya!

Resep Nasi Liwet.

Kebetulan dari Indonesia dibekelin Ibu teri goreng, sepertinya enak kalo makan nasi liwet pake teri. Akhirnya suami coba membuat nasi liwet. Pake cabe yang banyaaaaaaaaaaaaak dan di tambah sambel terasi Wahh ternyata enak. Terima kasih banyak buat resepnya.

Resep Kue Serabi.

Ntah ada angin apa, tiba tiba pagi ini Nyonya Nugroho nanya-nanya resep serabi ) Alhamdullilah ada yang punya. Bahan-bahan juga masih ada…..jadi deh makan serabi. Walau cetakan seadanya -pake kuali :)- Terima kasih banyak! Alhamdulillah bisa makan serabi lagi.

Resep Martabak Pisang.

Ketika Nyonya tak ada- gigi masih merana – dan hanya pisang yang ada, maka dengan perasaan was-was, lapar, dan nekat semata -coba bikin martabak pisang. Alhamdulillah enak, tapi gak bisa banyak-soalnya gigi terus protessss. Terima kasih buat resepnya.

Resep Ayam Kuluyuk.

Di resep pake saus mangga, karena gak nemu mangga (males nyari) jadi diganti pake rebung (bambu muda). Alhamdulillah enak. Terima kasih. Sayang suami tersayang lebih suka pedes dari asem, jadi mungkin bakal jarang bikin ayam kuluyuk lagi………:(

Resep Nasi Uduk.

Alhamdulillah, ketika kami mengadakan acara syukuran, kami berkesempatan untuk mencoba dan merasakan kembali kenikmatan nasi uduk. Jadi kepikiran buka warung nasi uduk di pasar murah ) , cuma bikinya ituloh….butuh kekuatan dan kesabaran (nunggu). Terima kasih buat resepnya.

Resep Ayam goreng plus serundeng.

Luar biasa enaak. Apalagi dikombinasikan dengan nasi uduk, Insya Allah sangat lezaaat! Berikut sedikit modifikasi kami dari resep asli: Karena gak punya air kelapa – kami pake santan, karena males ngulek banyak-banyak-kami pake bumbu opor, karena lapar-jadinya enaaaak! Terima kasih buat resepnya.

Resep Gulai Rebung

Hari Minggu bingung mo masak apa. Liat Kulkas ternyata masih ada sisa rebung 3/4 kaleng. Cukup nih untuk bikin gulai rebung. Alhamdulillah Honey suka, tapi tidak pakai teri karena tidak ada🙂 Terima kasih resepnya.

Resep Pempek

Memenuhi permintaan tetangga kami tersayang, berikut kami tampilkan link resep pempek. Mudah-mudahan ketika pempeknya telah siap – beliau tidak lupa untuk mengundang kami berdua. Terima kasih untuk resepnya!

Resep Risoles

Kebetulan dapet tepung roti, warisan dari mba Yuni, dan bahan-bahan lainnya memang sudah tersedia, coba-coba deh bikin risoles. Alhamdulillah berhasil. Makasih resepnya.


Resep Sambal Goreng Udang

Malam Valentine, honey bikinin resep ini. Alhamdulillah enak, sampe kekenyangan. “Katakanlah cinta dengan bunga” mungkin ada benarnya, karena kalo pake sambal goreng udang – malah kekenyangan dan gak bisa mesra. Terima Kasih untuk resepnya.

Resep Batagor

Lagi kangen batagor bandung dan kebetulan punya banyak tahu. Tapi gak punya ikan tenggiri, jadi pake ikan yang ada deh. Rasanya pasti berbeda, tapi enak kho. Alhamdulillah. Terima kasih buat resepnya.

Resep Soto Ayam

Hari ini ngundang Profesor ke rumah. Hasil diskusi dengan beberapa teman, katanya, makanan Indonesia yang cukup digemari orang sini adalah soto ayam. Akhirnya nemu resep ini, dan langsung dicoba deh. Alhamdulillah, Profesor kami suka. Makasih sekali untuk resepnya.

Resep Rendang

Kebetulan liat daging di warung mesjid dan inget kalo di rumah masih ada beberapa bumbu rendang, meskipun agak mahal, beli deh. Alhamdulillah, nikmat sekali makan rendang, cuma jadi kangen daun singkong🙂 . Makasih resepnya.

Resep Perkedel Tahu Special

Pengen perkedel tahu, tapi yang agak berbeda. Akhirnya nemu resep ini. Perkedel tahunya emang spesial, apalagi setelah kami tambahkan irisan cabe rawit, hmmm enaknya. Tanpa disadari honey makan 10 biji🙂. Terima Kasih banyak buat resepnya.

Ayam Bakar Bumbu Santan

Musim semi mulai datang, matahari walau masih malu-malu mulai muncul, dan berbekal panggangan listrik milik tetangga dan 2 kilo ayam, kami berhasil mencoba resep lezat ini. Ditambah sayuran panggang dan sambal kecap, resep ini menjadi lebih nikmat. Terima kasih buat resepnya.

Nasi Liwet Ala Sunda (Resep Kiriman Bibi).

Ibu dan Bibi adalah 2 ahli masak yang pertama kami kenal. Kalau mereka berdua masak, Insya Allah makanan yang ada bisa cukup untuk satu bekal perjalanan Indonesia-Jerman pake kapal laut, bukan cuma banyak tapi juga lezat. Begitu juga Nasi Liwet ini, Insya Allah enaaaak!

Resep Pisang Aroma

Udah lama pengen bikin pisang aroma, tapi lupa terus beli kulit lumpia. Taunya gak nyangka, honey beli kulit lumpia, cuma ternyata bukan yang dimaksud😦 -kebetulan di sini memang ada yang 2 macem- Tapi karena pengen, honey coba deh bikin pisang aroma pake kulit lumpia yang ada, pake resep ini. Akhirnya jadi juga makan pisang aroma. Cuma kurang kress, abis kulitnya beda. Makasih Resepnya!

Resep Sambel Cobek Ikan

Om Ican, tetangga kami lagi pengen makan ikan, cuma beliau sangat sibuk jadi gak bisa masak sendiri. Akhirnya bagi2 tugas. Tante Nobi bagian belanja, kami berdua kebagian tugas buat masaknya. Resepnya, dari sini, terima kasih buat resepnya.

Resep Daging Bumbu Medan

Ada sisa daging, bingung mo diapain. Honey nemu resep ini. Ya udah dicoba deh. Alhamdulillah enak. Makasih buat resepnya.

Resep Awug

Hari Sabtu pengen sarapan jajanan pasar, jadi nyoba resep ini. Alhamdulillah jadi, temen-temen pada suka. Tapi masih kurang sukses. Maklum kami pake alat dan bahan yang ada. Makasih resepnya!

Resep Bubur Merah Putih

Tiba-tiba Honey nanya resep bubur merah putih, trus ta’ cariin deh. Dapet Resep ini. Alhamdulillah, enak. Makasih buat Resepnya!

Resep Ayam Goreng Keriting

Udah lama pengen ayam goreng Kentucky tapi di sini gak ada, musti pergi ke kota lain. Kebetulan di rumah ada ayam (kiriman tante Nobie) dan Honey nemu resepnya. Bikin deh ayam goreng dengan resep ini. Alhamdulillah serasa makan ayam Kentucky, Honey seneng banget. Terima Kasih banyak buat resepnya!

sandkuchenResep Sandkuchen

Alhamdulillah, ada yang mau ngajarin bikin kue. Jadi, bikin dehh.. Ini resep pertama yang diajarin Ibu Guru Nobie, Sandkuchen. Dan Alhamdulillah pertama kali bikin kue langsung berhasil dan enakk donk.

Resep Nanas Goreng Keju

Resep ini kiriman dari Bibi. Buat yang sukaa buah nanas, bisa langsung dicoba. Insya Allah enakk.

1 thought on “Ruang Makan”