Tag

, ,


Satu pertanyaan dari temen volunteer, di tengah acara Happy play.

Kenapa suka ngoleksi board game?

Spontan, saya bilang karena saya suka main board game. Semejak dikenalin board game eropa oleh mas eko, saya langsung suka dengan permainan ini, karena banyak hal. Rata-rata board game eropa punya desain yang sangat bagus. Baik board game eropa yang untuk anak atau pun dewasa punya artwork yang luar biasa. Mekanisme permainannya begitu kreatif dan sangat bervariasi. Saya, dari kecil sampai beres kuliah, hanya sempat mengenal mekanisme permainan papan yang itu2 saja: ular tangga, ludo, catur, monopoli.. sebatas itu. Saat mulai main board game eropa, saya mulai mengenal beberapa mekanisme permainan yang baru. Kadang saya suka bertanya-tanya sendiri sekaligus kagum dengan pembuatnya, bisa ya sebuah permainan punya mekanisme seperti itu. Ide board game eropa memang keren-keren.

Karena suka bermain board game, mas Eko dan saya mulai mengoleksi board game ketika kami sempat tinggal di Bielefeld, Jerman. Kebetulan di Bielefeld, setiap hari sabtu selalu ada pasar rakyat (flohmarkt). Penjual di sana rata-rata adalah para penduduk (keluarga) yang ingin menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai di rumahnya, jadi sebagian besar barang-barangnya masih cukup bagus. Dan yang luar biasanya, di kota ini banyak yang menjual board game, dari yang klasik sampai yang baru (packagingnya belum dibuka sama sekali). Harganya tentu sangat ‘miring’ karena termasuk barang bekas. Kalau beruntung kami bisa dapet board game berharga 1 euro (15ribu saja).

Hunting board game di tempat ini selalu seru, sebelum membeli kami biasanya melihat pengarangnya, membaca sekilas ‘rule book’nya dan mengecek satu per satu komponennya, kami hanya membeli board game yang masih lengkap. Yang menjadi tantangan adalah ketika musim dingin. Menghitung board game dengan tangan yang terbungkus sarung tangan tidaklah gampang😀, tapi tetep nyenengin. Selain dari flohmarkt, kami juga hunting board game di ebay dan toko mainan, cari board game yang sedang di diskon. Membeli board game di ebay juga tidak kalah serunya, karena harus selalu memantau harga dan memilih penjual yang memang reputasinya baik.

Saya biasanya mencari board game untuk anak-anak. Saya ingin anak-anak mulai mengenal board game, juga anak saya nanti (Amin, jika diijinkan Tuhan). Mas Eko, biasanya mencari board game untuk dewasa. Hampir tiap minggu kami ke flohmarkt. Gak kerasa board game kami membludak di ruang apartemen kami🙂, pelan-pelan kami kirim board game koleksi kami ke Indonesia.

Kami bangun kummara dan mulai membagi kesukaan bermain board game ke banyak orang. Di car free day perdana, kami bawa board game dan sempatbbermain board game dengan Bapak Polisi🙂. Kami juga bawa board game ke panti asuhan dan sempat bermain board game dengan anak jalanan. Di happy play, kami berbagi gembira bermain board game dengan pasien anak. Alhamdulillah, hari ini, banyak tanda bahagia di koleksi board game kami. Semakin ‘lecek’ board game kami, berarti semakin banyak orang yang bergembira😀.

Let’s spread the board game love to everyone =D