Tag

,


Sejak tahun lalu, kummara punya program sosial Happy Play, mengajak pasien anak yang sedang nunggu antrian di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung untuk bermain boardgame. Untuk menunjang program ini, Kummara selalu mengajak beberapa volunteer untuk ikut gabung di kegiatan ini, namun karena jadwalnya di weekdays, volunteer yang gabung biasanya hanya terbatas (1-3). Ada kejutan baru di 2012 ini, Happy Play perdana, 19 januari 2012 lalu begitu seruu karena gak nyangka, ada 8 orang volunteer yang gabung. Two thumps untuk antusiasme temen- temen volunteer: Nisa, Chita, Aughya, Anchi, Fanny, Finna, Puput dan Agus.

Seperti biasa acara ini dimulai jam 9 pagi, fokus kegiatan di ruang tunggu poli anak RSHS Bandung. Ketika kami datang, poli anak terlihat cukup penuh, sedih juga berarti banyak anak yang sakit hari ini. Lalu kami bongkar beberapa boardgame dan mulai mengajak para pasien untuk bermain. Karena banyak volunteer yang gabung, saya hanya fokus dengan 2 anak, namanya Petra dan Noval. Keduanya berumur 5 tahun. Petra terlihat ceria dan murah senyum, terkadang masih sedikit malu-malu. Noval lebih pendiam, tapi ketika diajak bercerita, ia semangat bercerita. Sepintas mereka terlihat seperti adik-kakak.

Kami bermain beberapa board game yg dibawa kummara. Sambil bermain, saya ajak mereka bercerita tentang penyakitnya. Keduanya sakit Leukimia, dan harus kontrol ke rumah sakit seminggu sekali. Sedih, karena anak sekecil itu harus berjuang dengan penyakit yang berat. Perjuangan mereka tidak hanya di situ, karena ternyata Noval tidak tinggal di Bandung, tapi di Cirebon. Bersama Ibunya, seminggu sekali, ia harus menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk berjuang mengobati penyakitnya. Perjuangan Petra ke RSHS mungkin sedikit ringan, karena ia tinggal di cimahi, yang tidak jauh dari kota Bandung.

Petra dan Noval terlihat kompak, meskipun bukan bersaudara. Mereka bertemu di RSHS dan di tempat inilah mereka memulai persahabatan. Mungkin karena mereka mempunyai penyakit yang sama, mereka bisa mengerti satu sama lain. Entah sampai kapan persahabatan mereka bisa terus terjalin, kita hanya bisa berdoa: semoga mereka bisa tetap bergembira dan tetap semangat berjuang menghadapi penyakitnya.

Thanks to Petra and Noval.. Hari ini saya bisa belajar kesabaran, perjuangan dari kalian, anak-anak yang hebat.