Tag

,



Dari ketawa.com

Seorang gembala menggiring domba-dombanya di padang rumput terpencil ketika tiba-tiba sebuah BMW baru meluncur arahnya. Pengemudi, seorang pemuda dalam setelan Broni, sepatu Gucci, kacamata hitam Ray Ban dan dasi YSL, melongok keluar jendela dan bertanya gembala, “Jika saya mengatakan dengan tepat berapa banyak domba yang ada dalam kawanan Anda, maukah Anda memberi aku satu ekor?”

Gembala itu memandang pria itu, lalu melihat sekawanan domba gembalaan dan dengan tenang menjawab, “Tentu.”

Pria muda itu memarkir mobilnya, mengeluarkan IBM ThinkPad yang tersambung ke ponsel, kemudian ia berselancar ke website NASA dan menggunakan sistem navigasi satelit, mengamati daerah tersebut, dan kemudian membuka database dan Excel spreadsheet dengan formula kompleks. Dia mengirim email melalui Blackberry dan setelah beberapa menit, mendapatkan tanggapan. Akhirnya, ia print laporan 130 halaman pada printer mininya kemudian berkata kepada gembala itu, “Anda memiliki tepat 1586 domba”.

“Itu benar! silakan ambil salah satu domba,” kata gembala.

Pemuda itu memilih satu ekor hewan dan memasukkan ke dalam mobilnya.

Kemudian gembala mengatakan: “Jika saya bisa mengatakan dengan tepat apa pekerjaan Anda, apakah Anda akan memberikan kembali hewan saya?”

“OK, mengapa tidak” jawab orang muda itu.

“Jelas, Anda adalah konsultan,” kata gembala itu.

“Itu benar” kata pria muda itu, “tapi bagaimana Anda bisa tahu?”

“Tidak perlu menebak,” jawab gembala. “Anda muncul di sini meskipun tidak ada yang memanggil Anda. Anda ingin dibayar untuk jawaban yang sudah saya ketahui, dan Anda ingin dibayar untuk sebuah pertanyaan yang tidak pernah saya tanyakan. Dan Anda tidak tahu apa-apa tentang bisnis saya… Sekarang kembalikan anjing saya.”

————————————————————–

Cerita di atas adalah salah satu cerita favorit Saya. Kadang kita begitu bergantung pada saran orang lain dan lupa bahwa kitalah yang paling tahu akan apa yang paling kita butuhkan. Kita tahu kita perlu hidup sehat tetapi kita butuh dokter untuk mengingatkan kita. Kita tahu kita tahu bahwa kita harus selalu memupuk motivasi kita tetapi kita butuh motivator untuk memberikannya pada kita. Bukan berati Saya beranggapan bahka kita tidak butuh mereka semua, tetapi seperti yang tertulis pada cerita di atas, seorang konsultan (dokter, dosen, ahli marketing, dsb) tetaplah seorang manusia dengan pikiran dan tujuan mereka sendiri. Sebagian adalah orang-orang yang berdedikasi tinggi, mengabdikan dirinya bagi kebaikan orang lain dan sebagian hanyalah seseorang yang sangat lihai berpura-pura. Kadang kita tidak bisa memilih mereka, tetapi kita selalu bisa memilih untuk mendengar mereka tanpa tanya atau mendengar mereka penuh tanya (kritis).