Tag

,


positive-thinking

Berkat bantuan Honey, akhirnya selesai juga baca buku ‘The Art of Creative Thinking’. Kali ini supaya lebih singkat, jelas dan padat, saya tidak akan menulis banyak. Hanya beberapa poin/tips yang dianggap penting untuk bisa kreatif.

1. Menyimpan ide

Untuk menjadi kreatif, kita harus mengumpulkan/melihat ide. Ide kadang datang begitu saja, tidak melihat waktu dan tempat. Bagaimana caranya supaya ide yang kita lihat/dapatkan tidak hilang begitu saja? Write it down. Sekarang ini sudah banyak media yang bisa digunakan untuk menjaga agar ide tidak terlupakan, bisa melalui cara lama, dengan selalu membawa buku kecil/kertas dan bolpen ke mana-mana atau dengan cara modern, yaitu melalui media handphone. Di handphone kita bisa menulis, merekam dan membuat foto. Asalkan kita rajin menggunakan fasilitas tersebut, ide yang kita temukan akan tersimpan dengan baik.

2. Berasumsi

Berasumsi adalah satu kegiatan dan kebiasaan orang kreatif. Kita bisa mulai dari asumsi dasar, yang kemudian dikembangkan dengan asumsi-asumsi lainnya. Dengan cara inilah kita bisa membangun ide. Membangun ide = kreatif.

3. Berfikiran positif

Kritik itu selalu ada, dan dibagi menjadi 2, kritik yang datang dari diri sendiri, atau dari orang lain. Jika kita atau orang lain mengkritisi ide kita, jangan sampai kritik ini mengarah ke negatif, berusahalah tetap berfikiran positif, supaya kita bisa lebih kreatif.

4. Menggunakan ‘pikiran dalam’

Pikiran dalam (dept mind) di sini, bisa berupa insting, bakat, intuisi. Pikiran dalam ini bisa memberikan ide kreatif, asalkan dilatih. Untuk melatih pikiran dalam kita agar  menghasilkan ide kreatif, kita harus membiasakan diri curios, belajar, membaca, menulis dan bertanya hingga semua pengetahuan yang sudah tidak muat lagi di otak sadar kita meluber ke otak bawah sadar kita.

5. Jangan menunggu

Kadang kita menunggu sampai ide itu datang sendirinya. Ini bukanlah cara kreatif, karena orang kreatif akan selalu mencoba mencari. Jadi jangan manja. Ide juga tetap harus dicari.

6. Bersyukur

Bersyukurlah ketika kita sedang bingung, lihatlah kesulitan itu dari sudut pandang positif.  Ada waktunya kita harus mengalihkan pikiran dari suatu masalah untuk bisa mendapatkan ide penyelesaiannya. Refreshing itu perlu, kemudian sabar mengerjakan kembali, mencari ide lagi, dan terakhir adalah tawakal. Apa pun hasilnya nanti, kita harus bersyukur, dengan begitu kita akan selalu mempunyai energi postif dan selalu bisa kreatif.

Selesai

Melalui buku ini, mudah-mudahan kita bisa belajar lebih banyak tentang bagaimana caranya untuk menjadi orang yang lebih kreatif.

Buat saya, dalam mempelajari buku ini selain mendapatkan ilmu untuk jadi orang kreatif ada nilai tambah lain, karena lewat buku ini, saya dan Honey bisa berdiskusi asik. Jarang-jarang khan suami istri chating berjam-jam cuma untuk belajar bareng🙂. Hehe