Tag

, ,


Abis dikirim buku ama Honey judulnyaThe Art of Creative Thinking: How tobe Innovative and Develop Great Ideas karangan John Adair, tadi pagi ‘terpaksa’ deh bukunya dibaca. Baru selese 6 Bab, tapi lumayan seru dan bermanfaat buat yang ingin belajar jadi kreatif. Bukunya gak terlalu tebel kho, 129 halaman aja🙂. Tiap bab berisi ide sederhana, yang dikembangkan dan dijelaskan dengan ilustrasi atau contoh jadi mudah dimengerti pembaca. Di akhir bab selalu ada rangkuman yang berupa poin-poin penting, jadi terkesan praktis, gak perlu bikin catatan lagi. Berikut Saya tulis sedikit apa yang ada di buku itu, supaya Saya gak gampang lupa.

Untuk bisa kreatif, sebetulnya gak terlalu susah. Kreatifitas bisa dimulai dengan melihat apa (ide) yang sudah ada, lalu coba untuk menggabungkan/mengkombinasikan ide tersebut hingga menjadi sesuatu yang baru. Jadi gak perlu bingung-bingung memikirkan ide yang betul-betul baru. Tinggal melihat dari ide-ide yang sudah ada, dan membuat hubungan antara ide-ide yang ada hingga akhirnya terbentuk menjadi sebuah ide baru.

Ide-ide yang ada juga bisa kita jadikan sebagai batu pijakan untuk menghasilkan suatu kreatifitas. Seperti halnya kalau kita mau menyebrang sungai, di sungai tersebut sudah ada batu-batu yang bisa dipakai untuk pijakan dari satu sisi ke sisi lainnya, maka kita pasti akan menggunakan batu-batu tersebut untuk mencapai tujuan. Kreatifitas pun begitu, lihat ide-ide yang sudah ada yang sesuai dengan keinginan, kemudian jadikan ide-ide tersebut sebagai batu pijakan, hingga akhirnya bisa menghasilkan sebuah ide baru.

Kreatifitas juga bisa muncul, ketika kita bisa melihat sesuatu yang aneh (strange) menjadi sesuatu yang biasa (familiar) atau kebalikannya, melihat sesuatu yang biasa menjadi luar biasa. Lihat segala sesuatu yang sering terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Di buku dicontohkan mengenai aktifitas menggosok gigi. Cara kita menggosok gigi hari ini pasti tidak akan sama persis dengan hari kemarin. Every minute is unique. Jadi mulailah dengan melihat sesuatu yang biasa menjadi sesuatu yang istimewa, dengan begitu kita sudah belajar menjadi orang yang kreatif.

Ada satu hal yang mungkin bisa menjadi penghalang untuk kita berfikir kreatif, yaitu ketika kita hanya fokus kepada satu bidang ilmu saja, tanpa mempelajari ilmu lainnya. Kita harus ‘learn to unlearn‘, maksudnya belajar untuk tidak belajar hanya satu hal saja. Jika kita bisa tau banyak hal, akan mudah bagi kita untuk menjadi orang yang kreatif.

Seorang yang ingin kreatif harus selalu membuka pikirannya dan mempunyai rasa ingin tau yang besar.

I have no exceptional talents, other than a passionate curiosity. (Einstein)

Bersambung…

Mungkin temen2 punya ide lain supaya bisa lebih kreatif?