Tag

, ,


Beberapa bulan belakangan ini kami berdua mulai lebih aktif menulis dan memanfaatkan berbagai fasilitas dunia maya, dari googling, blogging, facebooking, twittering, email-ing, komentang-komenting (maksudnya komentar sana-sini), dan tak lupa tentunya juga sing-ing (karaoke gratisan online).

Kami sungguh bersyukur bisa menikmati berbagai fasilitas tersebut. Lewat Googling kami bisa banyak baca itu-ini, lewat blogging kami bisa sedikit berbagi, lewat facebooking kami bisa bersilaturahmi, lewat e-mailing kami bisa berdiskusi, lewat komentang-komenting kami bisa sedikit promosi, lewat twittering kami bisa sedikit hemat biaya komunikasi dan acara sing-ing jadi pilihan utama kalau udah mulai sepi.

Banyak artikel dan tulisan yang membahas bahwa kadang semua kegiatan berakhiran “…-ing” di atas (googling, facebooking…) bisa mengganggu produktivitas kerja sehari-hari kita dan itu betul, setidaknya itu terjadi pada diri Saya pribadi. Kadang seharian Saya hanya sibuk ber “..-ing” ria, tanpa ada output berarti dari pekerjaan Saya, seperti hari ini misalnya.

Tapi memang mungkin itu adalah siklusnya, Insya Allah pelan-pelan kami berdua belajar lebih baik lagi mengoptimalkan hari-hari kami tanpa perlu lari dari segala aktivitas “…-ing” kami. Kami mulai rutin blogging setiap akhir minggu (Ayang menulis untuk blog ini dan kummara sedangkan Saya menulis untuk beberapa media dan blog lain, beberapa bisa dilihat di ruang kerja). Setiap Selasa Saya coba menulis di sini. Facebooking jadi rutinas pagi kami berdua, kami coba menyapa semua yang bisa kami sapa kadang sekalian mengintip kegiatan adik2 dan keluarga . Setiap kali ada kami perlu memberi kabar/cerita/info singkat, twittering menjadi andalan utama, selain lebih murah dari sms juga relatif lebih efektif. E-mailing dan komentang-komenting kami batasi di dua waktu setiap hari, waktu makan siang dan selesai makan malam. Ketika jenuh mulai melanda, sing-ing sekeras-kerasnya jadi pilihan utama, acara bernyanyi kami merupakan salah satu upaya kami untuk berbagi, stress yang ada kami bagi untuk tetangga.

Inti cerita: jangan kapok ber “…ing” ria, tapi juga mesti bijaksana. Bukannya kami sudah ahli atau bisa, tapi akan lebih mudah kalau kita belajar bersama!

Ayo Googling, Ayo Facebooking, Ayo Twittering, Ayo e-mailing, Ayo komentang-komenting, dan Ayo Sing-ing!