Tag

, , , , ,


Beberapa waktu lalu, Saya pernah menulis “kesedihan” Saya mengenai semakin sulitnya mendapatkan uang kembalian secara utuh dari beberapa pusat perbelanjaan (supermarket) besar, umumnya mereka mengganti uang pecahan kecil hak kita dengan permen atau bahkan hanya dengan permohonan maaf semata. Beberapa solusi coba Saya sampaikan dalam artikel tersebut (artikel selengkapnya bisa di lihat di sini).  Salah satu solusi yang coba Saya tawarkan adalah dengan mengganti uang logam pecahan kecil dengan semacam kupon kertas yang kemudian bisa digunakan kembali di pusat perbelanjaan tersebut (selain tidak merugikan pelanggan, hal juga bisa “mengikat” pelanggan untuk datang kembali). Sebagai tambahan Saya juga menyarankan setiap pusat perbelanjaan (supermarket) untuk menyediakan kotak kecil, setiap pelanggan yang merasa tidak membutuhkan kupon kertas pengganti uang kecil tersebut bisa memasukannya ke kotak tersebut, dan hasil pengumpulan kupon tersebut bisa digunakan untuk sedikit memberi bantuan bagi pihak lain.

Hari ini, ketika sedang berkungjung ke tempat Paman Tyo yang selalu ramai, Saya melihat sebuah banner menarik mengenai gerakan aktif,  kreatif dan inovatif  Coin A Chance (www.coinachance.com). Di motori oleh dua orang bloggers/coiners luar biasa Nia dan Hanny, gerakan yang baru saja dimulai pada bulan Desember tahun lalu, pelan tapi pasti mulai memperoleh dukungan dari banyak pihak. Coin A Chance mampu secara aktif  memotivasi banyak pihak untuk kreatif memanfaatkan uang pecahan kecil (logam) mereka dan secara inovatif juga mampu memotivasi banyak orang untuk ikut terlibat dalam gerakan luar biasa ini.

Terkait dengan paragrap pertama di atas, tentu akan menjadi hal yang optimal jika kita juga bisa mengajak para pemilik pusat perbelanjaan atau supermarket untuk ikut berperan aktif dalam kegiatan ini. Hal tersebut sebenarnya hal yang sangat mungkin bahkan memberikan banyak keuntungan baik bagi pelanggan maupun pemilik pusat perbelanjaan. Mereka bisa memanfaatkan solusi yang coba Saya tawarkan dan  mendonasikan hasil yang terkumpul untuk gerakan Coin a Chance. Dengan demikian pelanggan tidak merasa dirugikan (dirampok uang recehnya) dan pusat perbelanjaan bisa berperan aktif ikut mensukseskan sebuah gerakan yang Insya Allah bisa memberikan kontribusi besar untuk kemajuan masyarakat.

Kami sungguh berharap ada semakin banyak pihak yang ikut serta mendukung gerakan ini.

Sukses terus untuk semua coiners!

Eko & Kanty

Sumber gambar: http://blogombal.org