Salah satu prinsip ekonomi menyatakan bahwa kita semua dihadapkan pada berbagai trade-off dalam keseharian kita, atau dengan kata lain kita dihadapkan pada berbagai pilihan yang tidak mudah karena untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan umumnya kita harus memberikan sesuatu yang kita miliki. Semakin berharga sesuatu yang kita inginkan, semakin banyak pengorbanan yang diperlukan (dan semakin sulit pilihan yang harus dihadapi)

Berikut sedikit ilustrasi sederhana:

Awalnya kita semua hanya memilki sedikit pengetahuan tentang sedikit hal (titik A). Seiring berjalannya waktu kita kemudian diberi kesempatan untuk belajar lebih banyak dan dengan berbagai usaha (mengeluaran biaya, belajar, dll) kita memperbaiki posisi kita. Sebagian dari kita memilih mengetahui sedikit tentang banyak hal (B), sebagian dari kita memilih mengetahui secara mendalam tentang sedikit hal (C), sebagian yang lain mampu mengetahui secara mendalam tentang banyak hal (D).

Berikut ilustrasi yang lebih spesifik:

Ketika diberi kesempatan belajar, sebagian dari kita memilih untuk melakukan riset secara total, memperdalam pengetahuan tentang satu atau dua hal (spesialisasi) dan (terpaksa) mengurangi interaksi sosial (C). Sebagian lebih memilih memperbanyak interaksi sosial dan belajar tentang banyak hal walaupun tidak secara mendalam (B). Sebagian lainnya, mempu mengoptimalkan keduanya, mempelajari sesuatu secara mendalam sekaligus memperluas dan mengotimalkan interaksi sosial (D).

Berikut adalah implikasinya:

Sebagian berkesempatan mencapai gelar akademik tinggi namun karena kemampuan interaksi sosial yang terbatas juga membatasi tingkat poluleritasnya (C). Sebagian dari kita mampu mengoptimalkan kemampuan interaksi sosial yang dimiliki dan mencapai tingkat populeritas tinggi, tanpa perlu memiliki gelar akademik yang tinggi (B). Sebagian lainya mampu mengoptimalkan kedua-duanya (D).

Berikut kesimpulannya:

Dari hukum pythagoras, kita bisa tahu bahwa garis AD lebih panjang dari AB ataupun AC. Jika garis tersebut mengilustrasikan usaha/pengorbanan yang dibutuhkan, bisa kita simpulkan bahwa dibutuhkan usaha lebih banyak untuk bisa mencapai titik D dibanding untuk mencapai titik B atau C.

Berikut contoh beserta implikasi konkritnya: