Melalui tulisan ini ijinkanlah kami sedikit bercerita tentang latar belakang TeBoRaRa. Kurang lebih 2 bulan yang lalu, kami berkesempatan melihat pertunjukan teater boneka di sebuah taman kota. Teater boneka tersebut disponsori oleh pemerintah kota sehingga semua pengunjung bisa menikmati pertunjukan boneka menarik tanpa dipungut bayaran seperserpun.

Panggung kecil dan sederhana didirikan di bawah sebuah pohon rindang. Sebelum teater dimulai, anak-anak telah berkumpul di depan panggung dengan wajah berseri dan tampak tidak sabar. Teater boneka yang ditampilkan sangat menarik, walaupun alur ceritanya sederhana, kemampuan pemain teater untuk berinteraksi dengan anak-anak sangat luar biasa dan menjadikan keseluruhan pertunjukan begitu menarik. Anak-anak begitu bersemangat dan ikut terlibat aktif dalam pertunjukan tersebut. Setiap lagu ikut dinyanyikan dan setiap pertanyaan dijawab dengan spontan, pemandangan yang luar biasa. Saat itu terbersit sebuah harapan, untuk bisa melihat pemandangan yang sama di kampung halaman tercinta.

Tentu akan sangat menyenangkan jika di Bandung, Jakarta, atau kota lainnya di Indonesia ada teater boneka anak-anak yang secara konsisten memberikan pertunjukan yang menarik. Setiap TK, sekolah, panti asuhan, dan masyarakat umum bisa memanfaatkannya sebagai media belajar dan hiburan alternatif. Teater ini juga bisa menjadi sarana penelitian (misal: di bidang psikologi anak ataupun riset pemasan untuk komoditas anak) dan berkontribusi dalam menangani beberapa masalah sosial (misal dengan melibatkan keluarga kurang mampu/anak jalanan dalam upaya produksi dan pemasaran boneka).

Didasarkan pemikiran di atas kami mulai belajar untuk bisa menampilkan sebuah teater boneka. Kami sadar bahwa dengan kemampuan kami dan fasilitas yang sangat terbatas, akan sulit untuk bisa benar-benar bisa menampilkan pertunjukan yang menarik, tapi kami sungguh bersyukur bahwa kami diberkahi teman-teman baik yang senatiasa bersedia membantu kami, hingga akhirnya terbentuklah TeBoRaRa (Teater Boneka Rame-Rame) sekaligus Blog TeBoRaRa (http://teborara.edublogs.org).

Blog TeBoRaRa adalah sebuah langkah awal untuk mewujudkan segala harapan di atas. Kami sadar bahwa perjalanan kami masih sangat panjang, tetapi kami yakin perjalanan ini akan sangat menyenangkan. Oleh karena itu kami ingin mengundang teman-teman semua untuk bergabung bersama kami. Teman-teman bisa mengirimkan ide cerita, video, artikel, opini, ataupun sekedar saran dan masukan (email: teborara@gmail.com). Setiap kontribusi teman-teman akan menjadi hal yang sangat berarti bagi kami. Terima kasih banyak sebelumnya.

Layar telah dibuka

SELAMAT MENIKMATI!

Salam TeBoRaRa