Setelah beberapa bulan terakhir kami jarang bertemu dengan matahari (karena udara yang dingin atau awan gelap yang gampang cemburu lalu menghalangi), Alhamdulillah mulai bulan ini kami bisa bertemu dengan matahari lebih sering dan lebih lama. Layaknya pasangan yang baru bertemu, kami begitu bahagia! Hadirnya matahari adalah pertanda akhir musim semi dan musim panas yang akan segera tiba. Untuk sebagian besar orang di sini, musim panas berarti makan es krim dan grillen. Jangan sampai ke dua hal tersebut terlewatkan dan jangan heran jika pada saat seperti ini kami cukup sibuk dengan beberapa undangan untuk datang ke Grillparty/Barbecue (kalau pun tidak ada undangan biasanya kami tetap memaksa datang)

Grillen (Jerman) atau Grilling (Inggris) dalam bahasa Indonesia artinya memanggang atau membakar langsung di atas api. Jenis makanan yang dibakar biasanya daging, sosis atau sayuran tertentu (sayangnya jagung relatif mahal, jadi sayang kalau untuk dibakar). Grillparty ini biasanya dilakukan di halaman/kebun sekitar rumah, di balkon atau di taman sambil berkumpul dan kadang sambil melakukan suatu permainan yang umum dilakukan ketika musim panas (misal bermain frisbee). Di Indonesia, budaya ini mungkin tidak terlalu istimewa dan jarang dilakukan, kecuali pada saat malam Tahun Baru atau ketika hari Raya Kurban (mungkin karena kita terlalu sering bertemu dengan matahari, jadi tidak ada cukup alasan untuk berpesta ketika matahari ada).

Grillparty ini mempunyai beberapa manfaat, yaitu bisa mempererat tali silaturahmi antar teman atau pun di keluarga, kita juga bisa menikmati udara dan pemandangan di luar rumah (ini hal yang sangat jarang bisa dilakukan di Bielefeld) dan yang penting adalah bisa makan sampai kenyang🙂 .

Berikut beberapa tips untuk kegiatan grillen ini :

  • Jika ingin mengadakan Grillparty, sebaiknya undangan disampaikan dari jauh-jauh hari supaya teman-teman kita bisa menyusun jadwalnya lebih baik, karena mungkin mereka punya lebih dari satu undangan grillparty (Mr Nugroho: supaya yang diundang lupa dan semua makanan bisa kita habiskan sendiri)
  • Jangan lupa untuk melihat perkiraan cuaca, karena kalau tiba-tiba hujan, acara grillen ini akan menjadi gagal total.
  • Sebaiknya dilakukan di tempat yang nyaman, agak luas dan terbuka agar asap tidak mengganggu tamu dan asap panggangan bisa terbang bebas.
  • Jika kita mengundang tamu dalam jumlah yang banyak, sebaiknya alat untuk grillen pun diperbanyak, karena membutuhkan waktu yang cukup lama sampai makanan yang dibakar matang.
  • Letakkan alat grillen pada posisi yang tepat, tidak mudah jatuh, sebisa mungkin jauhi dari jangkauan anak-anak, tidak di dekat pohon atau barang-barang yang mudah terbakar dan listrik. Arah angin juga harus dilihat pada saat itu, jangan sampai asap dari grillen menuju tamu.
  • Bensin, Alkohol dan Spirtus dilarang digunakan untuk grillen karena bisa berakibat fatal.
  • Siapkan alat pemadam api jika punya, atau seember air untuk berjaga-jaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Satu hal yang terpenting dan jangan sampai terlupakan adalah siapkan bahan makanan yang akan digrillen sebanyak-banyaknya.

Selamat grillen, jangan lupa undang kami yaa..