Tanggal 31 Desember 2007 kemarin adalah pertama kalinya saya merayakan pergantian tahun bersama suami tersayang. Meskipun ada sedikit ‘kerusuhan’ sebelum pergi karena kami berbeda pendapat dalam hal pakaian, suami ingin merayakan dengan pakaian resmi, sementara saya sudah menggunakan pakaian yang santai dan sangat hangat. Akhirnya sebagai istri yang baik saya turut suami tapi dengan satu syarat, suami yang memilih dan menyiapkan pakaian untuk saya🙂

Kami merayakan pergantian tahun di restoran Döner kebab langganan kami bersama dua orang teman baik yang sengaja datang dari jauh. Sambil menunggu tiba waktu pergantian tahun, kami menikmati makan malam (dengan menu Döner kebab porsi besar) sambil berbincang-bincang. Ketika tepat pukul 24.00 kami, pemilik restoran dan seluruh karyawan restoran beranjak keluar sebentar dan menyalakan beberapa petasan dan kembang api. Tak lama kemudian, langit Bielefeld bertaburan berbagai warna kembang api yang indah. Semua sangat bahagia, beberapa karyawan bahkan tidak sungkan ‘ber-jail-ria’ dengan bos mereka dengan menyalakan petasan secara diam-diam.

Di Jerman, perayaan Tahun Baru (Silvesterparty) berlangsung sangat meriah di Brandenburger Tor, Berlin. Konser musik dari artis-artis terkenal dan beberapa acara menarik lainnya termasuk peluncuran berbagai macam kembang api yang spektakuler selama kurang lebih 10 menit (pada saat pergantian tahun) telah mampu menarik lebih dari satu juta orang untuk berkumpul bersama di malam tahun baru yang cukup dingin.

Perayaan tahun baru memang sangat menyenangkan dan menarik, semua orang terlihat bahagia saat itu. Namun sangat disayangkan ketika keesokan harinya kami melihat berita di televisi dan membaca di internet, begitu banyak kecelakaan yang terjadi. Polisi di Jerman mencatat telah terjadi kurang lebih 261 kecelakaan selama perayaan tahun baru. Dan tepat pada hari pertama tahun baru, kota kecil kami yang biasanya bersih berubah berantakan. Sampah plastik, minuman, dan bekas kembang api dan petasan bertebaran di mana-mana. Bahkan di sebagian tempat terdapat ornamen kota yang agak rusak. Dari berita yang kami baca, kurang lebih 320 ton sampah telah dihasilkan dari perayaan tahun baru di Berlin.

Mungkin orang-orang yang paling mengetahui arti tahun baru adalah para petugas kebersihan. Ketika semua orang sibuk berpesta, mungkin mereka malah mendoakan kita, semoga kita menjadi orang-orang yang lebih bertanggung jawab. Ketika langit bertaburan warna, mungkin mereka malah sedang beristirahat, karena mereka sadar bahwa esok hari harus bekerja lebih keras, dan ketika kita terlelap di pagi hari, mereka telah mulai bekerja memberikan yang terbaik untuk kita. Mungkin itulah arti tahun baru yang sebenarnya: berdoa, belajar menjadi lebih bertanggung jawab, dan belajar bekerja lebih keras dengan ikhlas, bukan hanya untuk diri sendiri melainkan untuk semua!