Mencari hadiah mungkin tidak jauh berbeda seperti memilih pasangan, kita tahu karakteristiknya namun kadang pilihan yang ada tidak bisa memenuhi karakteristik yang kita inginkan. Beberapa hari ini kami mencoba mencari hadiah untuk salah seorang teman dekat kami. Karakteristik hadiah yang kami cari sebenarnya hanya dua:

  1. Barang yang disukai/berguna bagi teman kami tersebut, dan
  2. Barang yang mampu kami beli.

Sayangnya hingga saat ini kami belum menemukan hadiah yang tepat. Masalah utamanya adalah bahwa pilihan yang ada tidak bisa memenuhi kedua karakteristik di atas. Ada barang yang kami yakin akan sangat berguna sekaligus akan sangat disukai namun tidak mampu kami beli, ada barang yang kami mampu kami beli namun kami tidak yakin akan berguna atau disukai.

Mungkin juga seperti halnya mencari pasangan, masalah kami dalam mencari hadiah adalah pada standar hadiah yang kami cari, bagus dan murah (dalam mencari pasangan mungkin tampan/cantik dan kaya)! Mungkin standar hadiah yang kami cari terlalu tinggi sehingga kami mengalami kesulitan untuk menemukannya. Jadi sebenarnya solusi untuk bisa mendapatkan hadiah secara mudah sebenarnya cukup sederhana, tinggal menurunkan standar hadiah yang dicari, dan karena hadiah adalah untuk orang lain, seharusnya menurunkan standar hadiah yang dicari bisa relatif lebih mudah (dibanding kalau kita mesti menurunkan standar pasangan yang kita cari).

Namun ternyata hal tersebut tidak semudah yang kami kira, menurunkan standar hadiah yang kami cari berarti kami harus “menurunkan” lebih banyak uang dari tabungan kami (untuk bisa membeli hadiah yang lebih mahal) atau mencari hadiah yang beresiko besar tidak terpakai atau tidak disukai teman kami.

Belajar dari istri tercinta, yang berpasangan dengan seorang pria yang jauuuuh dari sempurna (yang bilang Saya tampan bisa dihitung pake 2 jari), dia selalu bilang: “I love you just the way you are!”, mengingatkan bahwa perasaan jauh lebih penting dari segala karakteristik dan standar yang ada. Jadi mungkin sebenarnya tidak akan jadi masalah hadiah apapun nanti yang akan kami berikan selama kami bisa menyertakan segenap rasa sayang kami, ungkapan terima kasih kami, dan perasaan syukur kami bersama hadiah tersebut, kami yakin sahabat kami akan menghargainya dan bisa menikmatinya.

Ijinkanlah kami mempersembahkan blog ini dan semua yang ada di dalamnya sebagai hadiah kecil untuk teman-teman semua, sebagai ungkapan rasa sayang kami, terima kasih kami, dan syukur kami karena memiliki kalian semua sebagai teman baik. Selamat Natal untuk teman-teman yang merayakan dan Selamat Tahun Baru 2008 untuk teman-teman semua!